Gagal Jadi Caleg, Ingin Jual Ginjal Untuk Bayar Hutang

Politik
Gagal Jadi Caleg, Ingin  Jual Ginjal Untuk Bayar Hutang
8 Komentar 210 pembaca
Chandra Saputra (26 ) Caleg yang gagal pada pemilu 2014

PEKALONGAN, IPN.COM – Untuk maju di kursi legilatif membutuhkan pengorbanan baik materi, tenaga maupun fikiran. Namun pengorbanan juga harus diperhitungkan matang matang. Pada Pemilu 2014 lalu ada seorang caleg dari Kabupaten Pekalongan ingin menjual ginjalnya karena terlilit hutang mencapai hampir setengah Milyar untuk modal kampanye.

Caleg yang gagal dalam pemilu legislatif kerap meninggalkan kisah pilu. Contohnya Chandra Saputra (26), warga Pekalongan, Jawa Tengah, ia mencalonkan diri sebagai Dapil 4 Kabupaten Pekalongan, tetapi gagal mendapatkan suara yang bisa mengantarnya ke kursi DPRD sehingga kabur dari kampungnya di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada pemilu 2014 silam.

Dia rela berangkat ke Jakarta hanya untuk menjual ginjalnya dan rencananya uang tersebut akan dipakai untuk melunasi sejumlah utangnya sekitar Rp420 juta yang telah dipergunakan untuk biaya kampanye.

"Saya dari tanggal 5 Mei sudah di Jakarta. Saya dari kampung di Kecamatan Cepu, naik kereta turun di Stasiun Jatinegara," ujarnya saat diwawancarai Warta Kota, Selasa (13/5/2014), di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, tempat ia mengasingkan diri.

Ia mengaku hanya membawa delapan setel di tas kopor berwarna coklatnya. Selain itu, tas hitam kecilnya untuk menyimpan satu charger untuk pengisian baterai gadget Samsung Mega dan BlackBerry Torch hitamnya.

Ia juga membawa baju batik warna biru ala Partai Demokrat serta celana bahan berwarna hitam.

"Awalnya, saya didorong masyarakat Pekalongan untuk menjadi calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Pekalongan," tutur pemuda yang sudah tiga tahun bekerja sebagai asisten pribadi anggota DPR dari Partai Demokrat itu.

"Karena saya rajin bersosialisasi dengan masyarakat, dan kegiatan pemuda salah satunya Karang Taruna, masyarakat ingin saya mencalonkan diri."

Akhirnya, Chandra langsung mendaftarkan ke KPU setempat. Tentunya sambil terpaksa dibebani  utang dana kampanye. Ternyata Partai Demokrat di daerahnya hanya mendapat satu kursi dan itu pun sisa suara.

"Enggak sesuai harapan, Mas, karena partainya juga sedang digunjang-ganjing info tak sedap," jelas caleg gagal yang ingin menjual ginjalnya ini.

"Harapan di sana mendapat dua kursi untuk Partai Demokrat malahan hanya mendapat satu kursi. Itu pun sisa suara."

Sementara kedua orangtuanya, ayahnya pensiunan masinis PT KAI dan ibunya wiraswasta sekaligus penjual sayur, juga sempat memberikan dana kepadanya sebesar Rp180 juta. Uang tersebut digunakan untuk biaya kampanye.

Lantaran kalah dari lawannya yang sama partainya, Chandra sudah mulai kehilangan akal. Banyak orang menyambangi kediamannya untuk menagih. Mendengar keluhan anaknya, ibunya Candra sampai rela ingin menjual ginjalnya untuk menutupi utang anak bungsunya. “Ibu saya bilang ‘opo sing iso aku lakono nggo anakku’ (apa yang bisa aku lakukan untuk anakku),” kata Candra.

Candra pun menolak tegas tawaran ibunya dan bersimpuh di kaki sang Ibu. “Kalau gitu saya saja yang menjual ginjal saya, Bu. Saya akan cari orang yang membutuhkan ginjal untuk menutupi utang-utang saya,” tuturnya.

Candra menjelaskan dia berada Jakarta  dalam rangka  mencari orang yang mau membeli ginjal. “Saya berkewajiban membayar semua utang-utang saya sekalipun saya harus menjual ginjal, saya rela dan pasrah,” ujar Candra. Candra kini tinggal di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Editor : Yenny (berbagai sumber)


Berita Terkait

Ada 8 Komentar untuk Berita Ini

  1. dr alex 20 April 2019 - 18:02:06 WIB

    Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan selamatkan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ ke atas. Semua donor yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami sesuka kami
    Yakin pastikan kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

  2. Mario 22 April 2019 - 04:56:05 WIB

    Apakah Anda tertarik untuk menjual ginjal Anda untuk mengatasi semua masalah keuangan Anda? Kami menawarkan gratis, tanpa kewajiban bantuan kepada pasien internasional untuk mendapatkan perawatan medis kelas dunia. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda dengan uang besar karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan kepada Anda sejumlah uang yang baik untuk Ginjal Anda. Khusus untuk perawatan medis kelas atas seperti Bedah Jantung, operasi fusi tulang belakang, operasi mastektomi lengan, dan lainnya
    operasi besar. Bantu diri Anda dan hubungi kami sekarang melalui.
    Email: doctormariamedical@gmail.com
    Whatsapp: +2349064509248
    kami menunggu tanggapan mendesak Anda
    Semoga berhasil

  3. Mario Genaro 01 Mei 2019 - 16:37:24 WIB

    Apakah Anda tertarik untuk menjual ginjal Anda untuk mengatasi semua masalah keuangan Anda? Kami menawarkan gratis, tanpa kewajiban bantuan kepada pasien internasional untuk mendapatkan perawatan medis kelas dunia. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda dengan uang besar karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan kepada Anda sejumlah uang untuk Ginjal Anda. perawatan seperti Bedah Jantung, bedah fusi tulang belakang, operasi mastektomi lengan, dan operasi besar lainnya. Bantu diri Anda dan hubungi kami sekarang melalui. Email: doctormariamedical@gmail.com

  4. subjects 05 Mei 2019 - 05:47:56 WIB

    Admiring the hard work you put into your blog and detailed information you
    present. It's nice to come across a blog every once in a while that isn't the same
    old rehashed material. Fantastic read! I've bookmarked your site and I'm including
    your RSS feeds to my Google account.

  5. drkennethraymond 12 Mei 2019 - 17:01:53 WIB

    Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau ingin menjual ginjal Anda?
    Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda untuk mendapatkan uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan kepada Anda sejumlah uang untuk Ginjal Anda. Nama saya Dokter Raymond seorang Ahli Nefrologi di rumah sakit klinik UBTH. Klinik kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia, dan Inggris. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email. Email: drkennethraymond@gmail.com atau drkennethraymond@outlook.com (Adamfred24@gmail.com) whatsapp +17022133132


    kami menunggu tanggapan mendesak Anda

    drkennethr Salam Hormat


      Dr Raymond.

  6. drkennethraymond 12 Mei 2019 - 17:02:07 WIB

    Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau ingin menjual ginjal Anda?
    Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda untuk mendapatkan uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan kepada Anda sejumlah uang untuk Ginjal Anda. Nama saya Dokter Raymond seorang Ahli Nefrologi di rumah sakit klinik UBTH. Klinik kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia, dan Inggris. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email. Email: drkennethraymond@gmail.com atau drkennethraymond@outlook.com (Adamfred24@gmail.com) whatsapp +17022133132


    kami menunggu tanggapan mendesak Anda

    drkennethr Salam Hormat


      Dr Raymond.

  7. Dr Daniel 18 Mei 2019 - 04:01:17 WIB

    Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda demi uang
    gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Ahli Nefrologi di Pusat Medis UBTH. Kami
    klinik ini berspes***isasi dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Email: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor HP: 2349028230916.

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

  8. Sathya 20 Mei 2019 - 18:32:28 WIB

    Damai dan rahmat Allah besertamu semua.
    Apakah Anda mencari peluang untuk menjual Ginjal Anda karena masalah keuangan, silakan hubungi kami hari ini, kami akan menawarkan jumlah yang sangat baik untuk Ginjal Anda. Kami mengkhususkan diri dalam transplantasi ginjal dan juga membeli dan menjual ginjal dengan donor yang sesuai. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, silakan hubungi kami melalui email: sathyaspecialisthospital@onet.eu
    WhatsApp: +919902828861

1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

loading...

Back to Top