IMM : ‘No Leader Just Together’

Jawa Timur
IMM : ‘No Leader Just Together’
0 Komentar 147 pembaca
IMM dan sebagian jejak giat sosial

MOJOKERTO, IPN.COM - Inspiratif Muda Mojokerto atau yang familiar dengan sebutan IMM, adalah sebuah wadah atau komunitas yang berada di salah satu kota Mojopahit yakni kota Mojokerto yang bergerak di bidang sosial. IMM diinisiasi oleh seseorang pemuda asal Mojokerto yang bernama Damar Wulan dan beberapa orang yang sangat peduli sekitar khususnya masalah sosial.

Berawal dari pengamatan lingkungan sekitar dan postingan para pengguna Media Sosial baik itu Facebook, Whatsapp, Twitter maupun Instagram tentang kondisi seseorang yang terkena musibah atau menderita penyakit kronis yang terbentur biaya untuk melakukan pengobatan menjadi inspirasi suatu gerakan berbagi, baik itu secara materi maupun tenaga.

Damar juga menjelaskan bahwa IMM diresmikan berdiri sejak tanggal 10 Juli 2018 lalu oleh dirinya dan beberapa pemuda lainnya. Saat ini yang masih hampir genap usia 1 tahunnya IMM sudah ada hampir 800 orang yang berpartisipasi. 100 orang sebagai anggota aktif yang telah memiliki id card dan 700 anggota pasif termasuk para donator didalamnya. Anggota IMM pun tersebar disemua penjuru Kabupaten/Kota Mojokerto.

“IMM diresmikan pada tanggal 10 Juli 2018 oleh saya sendiri bersama teman teman yaitu,  Banyu Ramadhan, Radhilah Azizah, Abrow, Cecep, Shanty,” ujar Damar saat dikonfirmasi IPN.COM via ponsel, Rabu (26/06/19).

Para muda mudi Mojokerto ini sangat prihatin jika melihat saudara saudara kita yang terkena musibah terlebih lagi jika mereka hanya berdoa saja tanpa melakukan apa apa, padahal bantuan yang kecil saja bisa jadi sangat berarti pada seseorang yang sangat membutuhkan atau terkena musibah.

Kegiatan demi kegiatan sosial menjadi tugas utama IMM. Agenda rutin yang telah dirumuskan IMM pun antara lain Santunan anak yatim dan Kaum Dhuafa yang disalurkan tiap 3 bulan sekali, Grebek sahur dan buka bersama (Agenda Ramadhan) dan program baju layak pakai. Selain itu kegiatan IMM antara lain : 

1.Target adik Iqbal 6th penderita Kanker mata Mojosari Mojokerto
2.Target Bapak sugeng 49th penderita kanker tulang punggung Kesamben jombang
3.Target adik Anam 8bln penderita liver Jetis Mojokerto
4.Penggalangan donasi Lombok
5.Target adik anisa 12th penderita lumpuh layu Prambon Sidoarjo
6.Target adik zio 2th penderita gagal paru2 kutorejo Mojokerto
7.penggalangan donasi palu dan Donggala
8.Target adik zaki penderita gizi buruk akut Sumobito Jombang

Damar juga menjelaskan bahwa dalam Komunitas IMM tidak ada pimpinan dan bawahan, hanya dibedakan lewat pengurus saja sehingga semua anggota mempunyai tugas dan fungsi yang sama.

“Tidak ada ketum di IMM semua sama hanya dibedakan dari pengurus saja”, ujar Damar.

Pengurus di IMM terbagi menjadi 2 tugas untuk saat ini. Handle post di medsos, survey dan mengatur keuangan dan satunya Handle lapangan (giat, pendistribusian bantuan dll). Koordinator media sosial dan keuangan ( Damar Wulan ) dan Koordinator lapangan ( Bima dan Banyu Ramadhan ).

Adapun grup Whatsapp yang digunakan untuk sharing baik kegiatan maupun sekedar menjalin komunikasi terselip deskripsi yang bertuliskan ;

‘Dibangun atas dasar rasa kemanusiaan, terketuk dari hati untuk sekedar berbagi senyum dengan saudara kita yang sedang terkena musibah. Saya tidak berjalan didepan anda, dan anda tidak berjalan didepan saya, kit berjalan bergandengan tangan bersama sama menjadikan Mojokerto tercinta menjadi panutan daerah lain  untuk kepedulian terhadap sesama’.

Adapun Visi Misi IMM adalah :

Visi : Menjadikan mojokerto sebagai panutan dalam hal kepedulian terhadap sesama

Misi : Terbentuknya pribadi yang peduli terhadap lingkungan sekitar dan menjadi wadah positif bagi generasi muda di tengah perkembangan zaman saat ini. 

Dengan usia IMM yang terbilang muda, IMM berdiri secara mandiri dalam arti saat ini IMM bukan bagian dari Pemerintahan. Namun IMM juga menaruh harapan kepada Pemerintah Daerah dan jajarannya untuk ‘Memberikan suport atau perhatian lebih pada komunitas berbasis sosial dan memberikan pelatihan khusus mengenai management pengelolaan komunitas secara baik’.

Inspiratif Muda Mojokerto memiliki Tagline ‘No Leader Just Together’

" Kita disini tidak ada pimpinan,tapi kebersamaan, Bersama-sama menghadirkan sebuah senyum kecil untuk saudara kita yang saat ini mendapat ujian oleh Alloh SWT "

Sukses terus IMM dan semoga IMM benar benar menjadi inspirasi jiwa jiwa muda didaerah lain untuk berjiwa sosial.

 

Sumber Informasi : Damar Wulan (IMM)

Editor : Jennie


Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

loading...

Back to Top