Bupati Ramli Janji selesaikan Masalah Didesa Desa Selwadu

Maluku
Bupati Ramli Janji selesaikan Masalah Didesa Desa Selwadu
0 Komentar 267 pembaca
Bupati Kabupaten Buru, Ramly. I. Umasugy

BURU, IPN.COM - Pergantian pejabat sementara (Pjs) Desa Selwadu, menuai kecaman dari masyarakat dan tokoh adat berujung ke penyegelan kantor desa, Sabtu (13/7/19).

Masyarakat menjadi geram karena tindakan Camat Kecamatan Airbuaya, Karim Gailea yang dinilai tidak bijak sebagai pimpinan. Karim telah menggantikan Pjs Desa Selwadu dengan adik iparnya tanpa demokrasi atau sesuai aturan yang berlaku dan melakukan pelantikan.

Tokoh adat dan perwakilan dari masyarakat telah medatangi Bupati di kediamannya untuk menanyakan perihal penggantian Pjs desa Selwadu. Dan Bupati Kabupaten Buru, Ramly.I.Umasugy membenarkan kabar itu.

“ Benar adanya pergantian, saya juga tidak tahu tiba tiba camat mengusulkan pergantian nanti saya undang camat dan bapak bapak kapala Soa besok untuk meyelesaikan persoalan ini,” terang Ramly.

Kemudian dari 5 Kepala Adat Desa Selwadu yakni, Ari Tomhisa (Portelu Nalbesy), Lasarus Tomhisa (Porwisi Nalbesi), Dong Leslesi (Kawasan Wadupa), Jefri Leslesi (Porwisi Wadupa) dan Obet Tomhisa (Gebha Marimu), meminta Bupati Ramly untuk tidak usah lagi menggantikan pejabat yang telah di SK kan didesanya

“ karena pejabat yang pak bupati tugaskan itu, tau tatanan adat desa kami dan telah menjalankan roda pemerintah dan melakukan program desa sesuai dengan keinginan kami orang  adat dan masyarakat Desa Selwadu”, tegas para tokoh adat, Ari Tomhisa.

Keesokan harinya camat sudah datang dahulu ketemu Pak Bupati orang adat dan masyarakat Desa Selwadu yang datang belakangan di suruh tunggu.Usai, pertemuan camat dan bupati barulah mereka disuruh masuk diruang tamu, tanpa bicara banyak bupati hanya mengarahkan.

 "nanti atur sama pak camat didesa,"jelas Bupati

Kapala Soa, Ari Tomhisa, kepada wartawan (Sabtu, 13/7) pada saat itu Rombongan kami balik keDesa Selwadu sesuai perintah pak bupati untuk menunggu Pak Camat Air Buaya diDesa Selwadu untuk melakukan pertemuan, hingga saat ini camat pun tak kunjung datang untuk melakukan rapat dengan masyarakat dan tokoh Adat di Desa

Pjs , yang mendengar hal tersebut yang sudah menjadi pembicaraan masyarakat Desa Selwadu Langsung ketemu Pak Bupati, Bupati pun mengarahkan nanti ketemu Pak Kadis PMD saja suru kasi jalan.

"nanti ketemu kadis pmd suru kasih jalan,"jawab Bupati

 

Reporter : Kiswan Facey

Editor : Yenny


Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

loading...

Back to Top